.
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 16 Desember 2015

Ketahui 5 Hal Mendasar Tentang Diri Anda ini Sebelum Mulai Berbisnis | Tips Pintar Usaha

     Dunia Bisnis betapa sangat menantang dan juga menggiurkan, anda bisa bayangkan hari hari dimana anda bebas melakukan apapun yang anda sukai untuk mencapai sebuah kesuksesan dan mendapatkan penghasilan sebagaimana yang telah anda rencanakan. 


Namun kita haruslah tetap ingat bahwa menjadi Pengusaha / Wiraswasta juga berarti bahwa setiap saat kita juga harus berhadapan dengan segala resiko atas setiap pilihan, cara dan dan situasi yang kita ambil. Maka dari itu sungguh penting untuk kita mengetahui cara cara dalam melakukan persiapan dan perhitungan yang sangat matang ketika kita akan memulai sebuah bisnis/usaha maupun setiap kali kita melangkahkan kaki dan berjuang menggiring perusahaan kita menuju ke arah kesuksesan sejati.


Apa Sajakah 5 Hal Mendasar Tentang Diri Yang Sebaiknya kita Ketahui Sebelum kita nanti mulai memutuskan untuk Terjun dan Menggeluti Sebuah Bidang Usaha?

Mari kita simak bersama ulasannya berikut ini.  :)


1. Seberapa Kadar Nekad Anda (Niat dan Tekad)


Niat adalah awal segalanya, termasuk juga dalam hal memulai sebuah bisnis/usaha. Niat dan tekad anda akan sangat berpengaruh pada berkembang tidaknya usaha anda, dikarenakan dari tekad anda itulah akan terbangun daya tahan dan semangat baja yang akan sangat anda butuhkan dalam mengarungi lautan luas dunia bisnis yang dikenal memiliki ombak dan cuaca yang tidak selalu bersahabat.

 Dalam kalimat sederhana, bisa di katakan bahwa tekad adalah bahan bakar bagi api semangat perjuangan Anda.

Untuk itu sebaiknya anda segera mempersiapkan argumen yang sangat kuat dan kemudian mulai memotivasi diri anda sendiri untuk membangkitkan Tekad yang kuat dalam diri anda, misalnya Agar kerja tidak ikut orang terus dan ingin punya kebebasan, ingin terlepas dari himpitan ekonomi, untuk membahagiakan keluarga, agar bisa membantu sesama dll.


2. Hobi (Minat)


Hobi adalah kesenangan anda pada suatu aktifitas atau pekerjaan.

Kenikmatan dalam menjalani sesuatu itu penting, Jika secara psikis/psikologis anda menikmati dan mencintai suatu pekerjaan tertentu, maka tidak akan ada beban pikiran atau beban psikologis yang akan anda tanggung yang akan memberatkan anda dalam menjalankan aktifitas anda di kemudian hari.

Kita harus selalu ingat rumus dasar ini.


Bahwa pekerjaan yang seharusnya sangat ringan pun akan menjadi sangat berat bila kita terpaksa atau tidak menyenangi pekerjaan tersebut.

 Sedangkan apabila kita menyenangi suatu pekerjaan bahkan sebuab pekerjaan yang sebenarnya sangat berat dan seolah olah mustahil untuk dilakukan pun juga akan terasa ringan dan mudah dilakukan, jiwa dan raga yang selalu fresh, akan berpengaruh positif bagi kesehatan anda, dan juga berimbas pada  suburnya ladang ladang ide cemerlang anda, Dan daya kreatifitas anda pun akan meningkat pesat.


3. Apakah Bakat Alias Kelebihan Anda?

”Wirausahawan adalah mereka yang memahami tipisnya perbedaan antara peluang dan hambatan serta mampu mengelolanya menjadi keuntungan.” Niccolo Machiavelli (1469-1527), negarawan Italia, Penulis Buku The Prince.”
Dalam sebuah Game bertema gulat, Keunggulan suatu karakter juga termasuk dalam faktor penentu utama kemenangan, Seseorang yang memilih suatu karakter yang se cara alami mempunyai banyak keunggulan dibandingkan karakter lain, akan mudah untuk untuk memenangi pertarungan.
Ketahui potensi dan kekurangan diri sebelum buka usaha

Dalam Kehidupan nyata, kita juga harus mengetahui apa saja bakat dan keunggulan kita, jika kita mengetahui bakat dan kelebihan kita sendiri, itu telah berarti setengah dari kesuksesan telah berada dalam genggaman.

Mengapa?
Tentunya karena dunia bisnis bukanlah medan yang mudah untuk kita dapat bertahan hidup, dalam dunia usaha/bisnis ada banyak sekali persaingan dan juga manuver aneh-aneh dari para kompetitor, Kelebihan kita dan pengetahuan kita akan sangat signifikan dalam membantu kita untuk menemukan cara yang paling efektif efisien dalam menemukan keputusan keputusan bisnis, dan melakukan manuver manuver yang diperlukan guna mengembangkan usaha anda.

Bagaimana jika ada sebuah pertanyaan seperti ini,
Tapi saya tidak mempunyai kelebihan atau bakat dalam hal apapun? apakah saya masih bisa menjadi seorang pengusaha?

Maka jawabannya adalah,
Tuhan telah menciptakan manusia dengan sangat sempurna, selalu ada kelebihan dan kekurangan di dalam setiap orang. kenalilah diri anda sebaik-baiknya, dengan itu anda bisa menemukan cara yang tepat sehingga bisa memilih "habitat" dan situasi yang bagaimana sehingga anda secara naluri dan akal akan merasa mampu  untuk tetap bertahan hidup dan kemudian mewujudkan satu demi satu impian anda hingga mempunyai masa depan yang gemilang.

Jika anda adalah elang yang mampu terbang jauh dan tinggi di udara, maka terbanglah yang tinggi dan temukan makanan anda dengan mudah,  Jika anda adalah burung pipit yang mampu menyelinap diantara pohon pohon dengan mudah, maka lakukanlah itu untuk mendekati rumpun rumpun padi.



4. Apa Saja Kekurangan dan Kelemahan Anda


Adakalanya anda terjepit pada suatu keadaaan dimana anda tidak mempunyai kecakapan dan kemampuan dalam melakukan suatu tahap tertentu, yang artinya anda tidak dapat melakukan apapun lagi untuk melakukan perubahan pada situasi yang anda inginkan.

Sama sebagaimana ulasan sebelumnya, kelemahan diri anda juga harus anda temukan sesegera mungkin. Contohnya, Jika anda kurang cakap dalam berbicara maka carilah jalan lain untuk melakukan negosiasi atau menawarkan produk anda, misalnya dengan meminta bantuan orang lain untuk menjadi duta/marketing bagi produk anda, melakukan interaksi secara tertulis.

Atau contoh lainnya ketika anda mengetahui bahwa anda kurang pandai dalam memanage uang, maka

Dalam berbisnis segala keadaan dan bidang yang melibatkan kelemahan dan kekurangan anda hendaknya dihindari, dan sangat perlu diupayakan usaha usaha tertentu untuk meminimalisir kelemahan dan kekurangan diri anda.Pepatah mengatakan, siapa yang tidak mengenal dirinya sendiri maka hancurlah ia. Disinilah letak pentingnya  pemahaman akan diri sendiri.


5. Dan Yang terakhir, Sejauh Mana Tingkat Kesiapan Mental dan Persiapan Bisnis Saya?

Persiapan adalah setengah dari keberhasilan, begitu kata pepatah dari orang bijak terdahulu, Dalam dunia Bisnis, Anda tentu sudah paham bahwa hampir semua bidang usaha memiliki persaingan yang sangat ketat dan makin ketat dari hari ke hari, untuk itu dibutuhkan banyak inovasi, kreatifitas dan nilai plus dari usaha yang anda kelola dibandingkan dengan para pesaing anda untuk menarik minat dan menjaring konsumen.

Bagaimana dengan kesiapan dan persiapan saya sekarang sudah siapkah saya secara mental dan fisik untuk memasuki bisnis yang saya pilih ini?
Persiapan betapa sangat menentukan, dalam hal apapun itu. karenanya jangan sampai kita asal asalan dalam mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. :)

Demikianlah Artikel tentang 5 hal mengenai diri sendiri yang perlu anda ketahui sebelum memasuki dunia usaha.

Like dan Share bila anda rasa artikel ini bermanfaat. Thanks :)

Baca Juga  :

Kata Kata Motivasi Bisnis dan Kewirausahaan Paling Populer dari Bob Sadino
Gajian Tiap Bulan | Cara Dan Analisa Usaha Budidaya Jahe Merah Dalam Karung Bekas/Polybag

0 komentar

Posting Komentar

* Dipersilahkan bagi pembaca sekalian untuk memberikan tanggapan, kritik dan sarannya di kolom komentar agar blog ini bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

* Komentar dari Robot spam serta yang mengandung Link Aktif di kolom komentar tidak akan ditampilkan.