.
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 30 Mei 2016

7 Peluang Usaha Agribisnis Sederhana Yang Patut Anda Coba | Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil Menguntungkan


 
Kumpulan Ide, Inspirasi Bisnis dan Peluang Usaha Sederhana Di Bidang Pertanian (Agrobisnis) Dengan Modal Kecil Menguntungkan.


   Selamat datang kembali di blog sederhana ini,

Kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai beberapa peluang usaha di bidang agribisnis. Bidang Usaha Agribisnis ini sifat usahanya memang kelihatan "mudah", "santai" dan "sederhana" saja, yakni dengan hanya menanam dan merawat tanaman kemudian menjualnya untuk mendapatkan keuntungan, namun sebenarnya sama saja dengan jenis bisnis lainnya yakni harus di lakukan dengan pengetahuan dan semangat serta tekad yang kuat untuk berhasil.


Di Indonesia peluang usaha di bidang Agrobisnis ini sebenarnya sangat menjanjikan, keuntungan yang besar dan rutin dari usaha tanam menanam ini juga bisa relatif sangat mudah didapat asalkan dilakukan dalam skala yang tidak terlalu kecil alias usaha skala menengah ke atas.

Dalam rangka masa percobaan alias merintis usaha agribisnis pun sama saja dengan prinsip bisnis lain, yakni tidak mutlak membutuhkan banyak modal, dan yang bagus memang memulai usaha dari skala kecil terlebih dahulu baru setelah paham seluk beluk usaha yang digeluti, modal bisa ditambah dan skala usaha bisa diperbesar lagi.



Tidak hanya itu, Peluang usaha di bidang agrobisnis ini sesungguhnya sangat patut dipertimbangkan karena waktunya yang sangat fleksibel dan relatif lebih santai dibandingkan dengan jenis usaha lainnya, sehingga bisa juga dilakukan sebagai usaha sampingan di rumah. Faktor inilah tentunya yang membuat para Pensiunan, Ibu Rumah tangga, karyawan, pegawai maupun adik adik mahasiswa dan pelajar juga sangat berpeluang besar untuk mencapai sukses dalam menggeluti usaha agrobisnis ini.


 Usaha di bidang Agrobisnis pada saat ini juga terbilang mudah dan peluang serta pangsa pasarnya yang masih sangat terbuka lebar dan beragam. Sehingga tidak berlebihan rasanya ketika dikatakan bahwa usaha agrobisnis ini masih sangat bagus baik melihat pada peluangnya pada masa kini maupun prospeknya di masa depan.

Walhasil usaha agrobisnis pantas rasanya dikategorikan ke dalam Jenis usaha yang tidak hanya menjanjikan keuntungan yang menggiurkan melainkan juga berpotensi dapat memberikan penghasilan tambahan maupun pendapatan bulanan yang besar dan stabil. :)



  Baiklah pembaca, sesuai dengan tema bahasan kali ini, yakni tentang Ide dan Peluang bisnis yang jitu serta Peluang usaha mudah dan sederhana di bidang pertanian / agrobisnis yang menguntungkan dengan modal yang relatif kecil.


 Maka Admin akan segera memberikan ulasan tentang macam macam Peluang Usaha Di bidang Agrobisnis yang cukup menggiurkan dan telah banyak melahirkan banyak orang sukses dengan pendapatan yang bagus dengan kerja yang cukup santai.

Berikut ulasan Selengkapnya..


7 Peluang Usaha dan Ide Sederhana Bidang Agrobisnis yang Mudah dan Menguntungkan.


1. Usaha Bertanam Sayur- Sayuran Kecil Kecilan


  Bisa dibilang sayur mayur sudah  termasuk dalam daftar kebutuhan pokok setiap rumah tangga di Indonesia.


 Jadi kenapakah kita tidak mengambil kesempatan dan memanfaatkan peluang ini?

Anda pastinya pernah kan melihat iklan viral di facebook yang mengemukakan tentang kisah sukses seorang petani kangkung hidroponik sederhana di tahun 2016 dengan omset 90 juta per bulan itu?

Nah, dengan hanya bertanam kangkung potong atau kangkung cabut, seledri air, budidaya sayuran bayam, menanam kacang panjang, daun kemangi, daun singkong secara kecil kecilan terbukti bukan tidak mungkin untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Anda bisa melakukan uji coba dahulu di halaman atau di kebun yang sekalipun lahan yang tersedia hanya lahan yang sempit, kemudian menjualnya di warung kelontong yang menjual sayur mayur, anggap saja sebagai supplier skala kecil, jika prospeknya bagus anda bisa lanjut dan membuka usaha sayur mayur ini dengan skala yang lebih besar.

Dengan demikian tentunya anda sudah bisa membuka sebuah usaha agribisnis budidaya sayuran yang akan dapat menghasilkan tambahan lembaran rupiah dari usaha agrobisnis kecil kecilan anda ini.

Jadi membuka atau merintis sebuah usaha agrobisnis itu cukup mudah dan sederhana ataukah sulit ?  :)


Ulasan Selengkapnya :

Si Daun Hijau Penghasil Uang Milyaran | Kupas Tuntas Bisnis Budidaya Sayuran Dengan Modal Kecil

Kupas Tuntas Peluang Dan Prospek Bisnis Budidaya Tanaman Kangkung 

2. Usaha Budidaya Tanaman Obat Untuk Menyuplai Usaha Minuman Kesehatan (Jamu) dan Obat Kesehatan Herbal.

Jenis tanaman untuk bahan baku minuman mempunyai pangsa pasarnya sendiri, dan usaha agrobisnis tipe ini sangat cocok bagi anda yang hendak memulai untuk mentarget dan men-suplai sebuah pabrik atau home industri bisnis berbasis produksi minuman kesehatan atau usaha minuman bahan baku obat herbal.

Di indonesia dari dulu hingga sekarang dan bahkan kemungkinan besar di masa depan minuman kesehatan seperti Jamu dan obat obatan herbal selalu sangatlah diminati konsumen.


Pada intinya usaha yang berkutat dengan makanan dan obat obatan tidak akan pernah sepi, mengingat semua orang butuh makan dan butuh hidup sehat. jadi prospek usaha pertanian dalam bidang ini untuk tahun 2016,2017,2018,2020 hingga hari kiamat pastinya akan terus menerus bagus. hehe..

Nah, Beberapa Contoh peluang usaha dalam kategori ini antara lain ;

1. Bertanam Jahe Merah Dalam Karung/Polybag

2. Budidaya Tanaman Bunga Rosela untuk bahan baku sirup alami dan obat herbal tertentu

3. Budidaya Tanaman Lidah Buaya.

4 .Budidaya Tanaman untuk Jamu Kesehatan lainnya, misalnya temulawak, kunyit dan tanaman rimpang rimpangan lainnya

5. Budidaya Daun Sirih

6. Bertanam Daun Mint dll.



 Petani yang sedang membawa hasil budidaya tanaman jahenya 

3. Usaha Jitu : Membuat dan Menjual Cangkokan Tanaman Buah dan Tabulampot (Tanaman buah dalam Pot)


Ini dia salah satu peluang usaha bidang agribisnis pertanian yang paling menguntungkan dan admin prediksi akan segera populer mulai tahun ini karena admin melihat pada ramainya ulasan dan laju promosi serta perdagangan pada tahun tahun ini di media sosial.


Selain Hemat Modal, peluang bisnis agri yang satu ini sepertinya akan benar benar luar biasa di masa mendatang. Minat dan antusias masyarakat yang cukup tinggi pada tanaman buah dalam pot ini, terutama bagi warga di perkotaan menjadikan peluang usaha menjual bibit tanaman buah kerdil/perdu di dalam pot akan semakin terbuka lebar.

Semua orang pasti tertarik untuk memetik tanaman buah yang ranum bergerombol di halaman belakang atau pekarangan mereka sendiri bukan? dan ini dia peluang bisnis pertanian tahun ini yang sangat menjanjikan.


Tertarik untuk menggeluti bisnis ini?

Simak dulu ulasannya,

*  Melirik Peluang Usaha Tabulampot, Peluang Sang Calon Primadona Agrobisnis Masa Depan :)

* Peluang Bisnis Cangkok Tanaman yang Makin Menggiurkan.

4. Peluang Bisnis Agrobisnis Sedehana :  Berjualan Bunga dan Tanaman Hias


Apakah Anda hobi berkebun? suka menata dan mendekorasi taman bunga anda yang indah? dan sangat bersemangat untuk merawat tanaman hias dan aneka tanaman bunga di pekarangan anda?

Hmm. hobi anda tersebut sebenarnya memilik potensi usaha yang lumayan loh..

Jadi mengapakah anda tidak mencoba untuk sekalian mengembangkan taman indah anda dan mulai berjualan bunga/ menjadi petani bunga untuk para pecinta tanaman hias seperti anda atau untuk mensupplai kebutuhan akan tanaman hias bagi para penjual bunga di daerah anda?

 Peluang bisnis ini juga membutuhkan dana atau modal yang cukup kecil namun memiliki potensi bisnis yang sangat menguntungkan.

Hampir setiap rumah memiliki pekarangan dan kebanyakan mereka membutuhkan tanaman hias bagi taman atau kebun mini mereka.

Tentu saja ini belum termasuk peluang dan pangsa pasar untuk menyuplai para dekorator interior dan eksterior, pengrajin karangan bunga, penjual bunga taburan untuk ziarah, para dekorator hiasan pelaminan, hajatan, karnaval dan lain lain di indonesia yang sudah kita mahfumi membutuhkan pasokan bahan baku bunga segar dan tanaman hias yang banyak dan beraneka ragam.

Nah bagaimana? Tertarik dan ingin mencoba? modalnya tidak banyak kok, cukup kembangkan tanaman hias yang anda miliki dahulu dan mulailah memperlengkap koleksi bunga ada dari uang hasil penjualan tanaman dan bebungaan anda tersebut.

5. Budidaya Jamur Konsumsi Modal Kecil-Kecilan


Peluang Bisnis Jamur konsumsi juga cukup menjanjikan.

Pasalnya, dengan pangsa pasar yang masih sangat terbuka lebar serta persaingan yang masih sepi, memilih budidaya jamur tentunya adalah pilihan yang sangat tepat.

Berbagai masakan dapur ibu hingga koki hotel dan restoran juga membutuhkan bahan baku jamur segar setiap hari, yang membuktikan bahwa panganan dan kudapan dari bahan baku dan olahan jamur sangatlah digemari masyarakat karena rasanya yang lezat serta kandungan gizinya yang tinggi. 


Lebih lebih jamur adalah makanan yang juga sangat di rekomendasikan oleh para ahli gizi dan juga para vegetarian.


* Selengkapnya tentang Budidaya Jamur Konsumsi dengan Modal kecil. 


6. Usaha Pembibitan Pohon.


Varian/Jenis bibit pohon sangatlah beragam dan kondisional sesuai daerah anda.

Cobalah anda temukan tanaman apa saja ya yang kira kira cocok untuk dibudidayakan di daerah anda dan berpeluang paling bagus serta berpotensi memberikan keuntungan yang bagus.

Membuka usaha di bidang Pembiakan Bibit Pohon Kelapa, bibit pohon jati emas, bibit pohon cendana, bibit pohon pisang dll. mungkin adalah bibit pohon yang bisa anda pilih dalam jenis usaha ini.


7. Budidaya Tanaman Buah Produksi.

 Dalam kategori budidaya tanaman/ bisnis agrobisnis modal kecil kecilan yang ke tujuh ini, anda bisa menanam jenis tanaman buah yang murah bibit alias mudah didapatkan di daerah anda dan juga terjangkau biaya perawatannya.

Contoh Tanaman buah yang bisa anda budidayakan antara lain ; 

Budidaya Kedondong
Budidaya Pisang Raja / Kepok / Susu
Budidaya Jeruk Manis
Budidaya Jeruk Purut
Budidaya Buah Naga dll.


Nah kiranya demikianlah ke 7 ide dan peluang usaha sederhana di bidang Agrobisnis dengan modal kecil yang bisa anda pertimbangkan. 


Selanjutnya : 

Kisah Pemuda Sukses : Budidaya Jahe Merah Dengan Modal Awal 400 Ribu, Kini Omset Bisnis Wahyu Mencapai 10 Juta Rupiah Perbulan

9 komentar

Anonim

bidang pertanian sebenarnya cocok sekali dengan negara kita yang punya tanah amat subur dan air berlimpah. harusnya sih bagus banget ya gan buat usaha agribisnis.. sayang kurang diperhatikan sama masyarakat dan pemerintah..

1 detik aja 29 Juli 2016 pukul 01.53

Thanks informasinya

indojamur 3 Agustus 2016 pukul 22.21

Benar sekali untuk budidaya jamur masih sangat potensial permintaan pasar belum terpenuhi semuanya
http://indojamur.com/blog/kelayakan-usaha-budidaya-jamur-tiram/

Unknown 3 September 2016 pukul 12.30

makasih gan udah posting , bermanfaat banget . tpi sygnya smpe skrng aku msih bingung . mau pilih usaha apa di tambah lagi modal yang minim . kasih saran dong gan

Rama Wijaya 14 September 2016 pukul 04.55

@Dafa Ardi - saran dari admin, dipilih saja bidang usaha yang paling anda suka, kalau suka dunia tanaman ya pilih agrobisnis, kalau suka dagang ya pilih saja usaha bidang perdagangan.. untuk pilihan spesifik usahanya perlu disesuaikan dengan lokasi,peluang dan modal agan.. sedangkan info peluang usaha kayaknya sudah cukup banyak admin postingkan di blog ini, jadi bisa agan lihat lihat dulu.. :)

Anonim

terimakasih, ide ini sangat bermanfaat

usaha kreatif 30 Oktober 2016 pukul 15.04

sangat petut dicoba nih apalagi bagi orang yagn tiggal di pedesaan

Unknown 20 Januari 2017 pukul 22.10

Saya pengin utk dagang hasil bumi indonesia. Utk pasar di cimahi&bandung.mohon pencerahan nya utk mendapatkan supplier harga yg bgs utk dijual lagi ke pasar,rumah,tangga,rumah makan dll. Hub .08213030300332 sy siap kerjasama sbg agen.terima kasig

Anonim

Paragraph writing is also a fun, if you be acquainted with then you can write otherwise it is difficult to write.

Posting Komentar

* Dipersilahkan bagi pembaca sekalian untuk memberikan tanggapan, kritik dan sarannya di kolom komentar agar blog ini bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

* Komentar dari Robot spam serta yang mengandung Link Aktif di kolom komentar tidak akan ditampilkan.